5 Cara Memperbaiki Webcam.js Error di SSCASN CPNS & PPPK 2023

Redaksi

5 Cara Memperbaiki Webcam.js Error di SSCASN CPNS & PPPK 2023

Cara Memperbaiki Webcam.js Error di SSCASN CPNS 2023 – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah resmi dibuka sejak Rabu, 20 September 2023.

Bagi ribuan calon pelamar yang antusias, momen ini seharusnya menjadi langkah awal yang penuh semangat menuju karier dalam pelayanan publik. Namun, sayangnya, banyak di antara mereka menghadapi sebuah rintangan teknis yang cukup mengejutkan – pesan error misterius “Webcam.js Error: Could not access webcam: NotReadableError: Could not start video source. dan Webcam.js error Webcam is not loaded yet chrome ” Yang mengganggu proses pendaftaran.

Jika Anda adalah salah satu yang pernah mengalami atau mungkin masih mengalaminya, tak perlu panik. Kami akan membahas lebih lanjut tentang kendala ini dan memberikan panduan sederhana tentang bagaimana mengatasinya agar Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju menjadi seorang pegawai negeri atau PPPK yang berdedikasi.

Penyebab Webcam Error Di SSCASN ?

Pertama-tama, mari kita coba memahami mengapa pesan Webcam.js error muncul saat Anda mencoba mendaftar di portal SSCASN. Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa kamera saya menjadi begitu penting dalam proses pendaftaran ini? Nah, mari kita bahas.

Pesan Webcam.js error: Webcam is not loaded yet chrome ini muncul karena situs SSCASN memiliki persyaratan teknis tertentu yang harus dipenuhi oleh peramban web yang Anda gunakan. Artinya, tidak semua peramban web mendukung sepenuhnya situs ini, sehingga mengakibatkan konflik teknis yang menghentikan Anda saat mencoba mengakses kamera.

Salah satu kemungkinan lain adalah bahwa perangkat Anda belum memberikan izin akses kamera ke situs SSCASN. Sistem operasi dan peramban web Anda harus memberikan izin khusus kepada situs ini agar dapat menggunakan kamera Anda. Jika izin ini tidak diberikan, pesan error “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet” akan muncul sebagai tanda bahwa kamera Anda tidak dapat digunakan oleh situs tersebut.

Terkadang, pesan error ini juga bisa terjadi karena masalah teknis pada kamera fisik perangkat Anda. Mungkin ada koneksi yang tidak stabil atau malfungsi pada perangkat keras kamera. Ini adalah salah satu alasan lain mengapa situs SSCASN tidak dapat mengakses kamera Anda.

Apa Arti Webcam is not loaded yet ?

Pada saat melakukan pendaftaran di SSCASN untuk CPNS atau PPPK beberapa pengguna mengalami kendala teknis yaitu muncul pemberitahuan Webcam is not loaded yet. Nah jika kita artikan pesan error ini maksudnya adalah webcam atau kamera kita belum dimuat atau tidak bisa dimuat.

Jadi dengan demikian website sscasn tidak bisa mengakses kamera kita sehingga kita tidak bisa melakukan swafoto secara langsung. Berhubung pada saat proses pendaftaran harus mengambil swafoto secara langsung di portal sscasn maka mau tidak mau kita harus memperbaiki masalah kamera kita tidak bisa di akses dengan pemberitahuab webcam.js error.  Nah lantas bagaimana cara memperbaiki masalah ini? yuk langsung saja simak pembahasannya hingga selesai.

5 Cara Memperbaiki Webcam.js Error di SSCASN

Sekarang, setelah kita memahami mengapa pesan error Webcam.js error: Webcam is not loaded yet di chrome muncul, mari kita beralih ke solusi-solusi yang dapat membantu Anda mengatasi kendala ini. Ingatlah, kesabaran adalah kunci, dan berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Gunakan Peramban Web yang Tepat

Notifikasi “Webcam.js Error” sering muncul karena situs SSCASN hanya kompatibel dengan peramban web tertentu, seperti Chrome atau Firefox. Jika Anda mengalami kendala saat menggunakan peramban lain, pertimbangkan untuk beralih ke salah satu dari peramban yang direkomendasikan tersebut.

2. Berikan Izin Akses Kamera

Pastikan perangkat Anda memberikan izin akses kamera kepada situs SSCASN. Cara melakukannya dapat bervariasi tergantung pada perangkat dan peramban web yang Anda gunakan. Namun, secara umum, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan peramban web Anda.
  • Temukan opsi yang mengizinkan atau memblokir akses kamera.
  • Pastikan situs SSCASN memiliki izin untuk mengakses kamera.

3. Periksa Kondisi Kamera Anda

Terkadang, masalah ini bukan hanya masalah perangkat lunak atau peramban web, tetapi juga masalah fisik pada kamera Anda. Pastikan kamera perangkat Anda dalam kondisi baik dan tidak ada masalah teknis yang menghambatnya. Jika Anda ragu, Anda bisa mencoba menghubungkan kamera eksternal yang berfungsi ke perangkat Anda.

4. Perhatikan Saran dari Situs SSCASN

Jangan lupakan petunjuk yang diberikan oleh situs SSCASN itu sendiri. Biasanya, situs ini menyediakan panduan resmi tentang cara mengatasi pesan error “Webcam.js.” Pastikan Anda membaca panduan ini dan mengikuti instruksinya dengan teliti.

5. Hubungi Dukungan Teknis

Jika semua langkah di atas tidak memberikan solusi, jangan ragu untuk menghubungi dukungan teknis dari situs SSCASN atau Badan Kepegawaian Negara (BKN). Mereka adalah pihak yang paling tepat untuk memberikan bantuan teknis dan solusi khusus terkait masalah “Webcam.js Error” ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Webcam.js error Webcam is not loaded yet chrome

Akhir Kata

Demikian 5 Cara Memperbaiki Webcam.js Error di SSCASN CPNS & PPPK 2023 yang dapat kami sampaikan. Semoga solusi ini menjadi jawaban terbaik untuk anda agar bisa melanjutkan proses pendaftaran di portal SSCASN 2023. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar