Apakah Danabijak Ada Dc Lapangan ? Ini Metode Penagihannya

Redaksi

Apakah Danabijak Ada Dc Lapangan ? Ini Metode Penagihannya

Danabijak merupakan salah satu platform pinjaman online (pinjol) yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis pinjaman dengan limit hingga Rp10 juta dan tenor hingga 6 bulan.

Salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan calon peminjam adalah metode penagihan yang digunakan oleh pinjol. Tak sedikit pinjol yang menggunakan debt collector (DC) lapangan untuk menagih utang dari debitur yang menunggak.

Lantas, bagaimanakah metode penagihan yang digunakan oleh Danabijak?

Metode Penagihan Danabijak

Danabijak memiliki beberapa metode penagihan, yaitu:

  • Pengingat sebelum tanggal jatuh tempo

Danabijak akan mengirimkan pengingat kepada debitur sebelum tanggal jatuh tempo. Pengingat ini dapat berupa SMS, email, atau notifikasi di aplikasi.

  • Penagihan online

Jika debitur tidak kunjung membayar setelah tanggal jatuh tempo, Danabijak akan melakukan penagihan secara online. Metode penagihan online yang digunakan oleh Danabijak antara lain:

* SMS
* WhatsApp
* Telepon
  • Penagihan melalui kontak darurat

Jika debitur tetap tidak kunjung membayar setelah dilakukan penagihan secara online, Danabijak akan menghubungi kontak darurat debitur. Mereka akan meminta pada orang tersebut untuk menyuruh debitur membayar hutang.

Apakah Danabijak Ada Dc Lapangan ?

Setelah kami telusuri informasi dari beberapa sumber ternyata Danabijak tidak memiliki DC lapangan. Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan perusaan pinjaman online ini tidak memiliki debt collector.

Meskipun demikian, sebaiknya anda membayar tagihan tepat waktu dan jangan melakukan galbay. Karena bisa saja dengan sering gagal bayar maka data anda akan masuk ke BI Checking dan bisa mengurangi skor kredit anda.

Keuntungan Tidak Menggunakan DC Lapangan

Ada beberapa keuntungan yang didapat oleh Danabijak dengan tidak menggunakan DC lapangan, yaitu:

  • Biaya operasional yang lebih rendah

DC lapangan merupakan salah satu biaya operasional yang cukup besar bagi pinjol. Dengan tidak menggunakan DC lapangan, Danabijak dapat menghemat biaya operasional.

  • Meningkatkan kepuasan debitur

Debitur umumnya merasa lebih nyaman jika ditagih secara online daripada ditagih secara langsung oleh DC lapangan. Hal ini karena debitur dapat merasa lebih aman dan terlindungi.

  • Menjaga reputasi perusahaan

Maraknya kasus-kasus penagihan yang dilakukan secara tidak wajar oleh DC pinjol telah merusak reputasi industri pinjol. Dengan tidak menggunakan DC lapangan, Danabijak dapat membantu menjaga reputasi industri pinjol.

Pentingnya Melakukan Pembayaran Tepat Waktu

Meskipun Danabijak belum menggunakan DC lapangan, namun debitur tetap disarankan untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:

  • Bunga yang terus bertambah

Jika debitur tidak melakukan pembayaran tepat waktu, maka bunga yang harus dibayarkan juga akan terus bertambah.

  • Denda keterlambatan

Danabijak juga mengenakan denda keterlambatan kepada debitur yang tidak melakukan pembayaran tepat waktu.

  • Masuk dalam daftar hitam BI Checking

Debitur yang menunggak pembayaran pinjaman akan dimasukkan ke dalam daftar hitam BI Checking. Hal ini dapat menghambat debitur dalam mengajukan pinjaman di masa mendatang.

Baca juga: PinjamanGo Apakah Ada DC Lapangan ? Ini Metode Penagihannya

Akhir Kata

Danabijak merupakan salah satu pinjol yang tidak menggunakan DC lapangan. Hal ini memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan, debitur, dan industri pinjol secara keseluruhan. Namun, debitur tetap disarankan untuk melakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar