Cara Menghitung NEM SMP SMA/SMK 2023 dengan Mudah!

Redaksi

Cara Menghitung NEM SMP SMA/SMK 2023 dengan Mudah!

Cara Menghitung NEM SMP SMA/SMK 2023 dengan Mudah! – Ketika kamu akan mendaftar ke jenjang selanjutnya, yaitu SMA atau SMK, NEM (Nilai Ebtanas Murni) menjadi salah satu faktor penting yang dipertimbangkan. Terutama jika kamu masuk melalui jalur prestasi akademik, NEM kamu dapat berpengaruh dalam pemeringkatan sekolah untuk penerimaan siswa.

Dalam penilaian sekolah, NEM menjadi patokan perhitungan yang berperan penting. NEM adalah nilai ujian akhir yang kamu peroleh di tingkat SMP SMA maupun SMK. Nah bagi anda yang penasaran bagaimana cara menghitung NEM SMP SMA atau SMK, Langsung saja simak pembahasannya hingga selesai.

Cara Menghitung NEM SMP SMA atau SMK

Jika kamu adalah salah satu siswa yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya, ada beberapa data yang perlu kamu persiapkan. PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) saat ini menggunakan mekanisme yang berbeda dari tahun sebelumnya. Siswa perlu login ke situs resmi PPDB untuk memasukkan data-data yang diperlukan.

Salah satu data yang penting adalah NEM kamu. NEM menjadi pertimbangan sekolah dalam melakukan pemeringkatan dan menentukan penerimaan siswa. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui NEM kamu agar dapat memperbesar peluang diterima di sekolah pilihanmu.

Jika NEM kamu termasuk tinggi, peluang untuk diterima di sekolah unggulan akan lebih besar. Namun, jika NEM kamu tergolong rendah, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk tidak memilih sekolah dengan NEM rata-rata yang tinggi. Hal ini karena kemungkinan diterima akan cukup kecil.

Selain itu, terdapat batasan jumlah sekolah yang dapat kamu pilih saat mendaftar melalui jalur tertentu. Pastikan kamu mendaftar pada sekolah yang memiliki peluang besar untuk diterima.

Langkah-langkah untuk menghitung NEM SMP adalah dengan menjumlahkan semua nilai ujian akhir yang kamu dapatkan.

Cara Menghitung NEM SMP:

  1. Bahasa Indonesia dengan nilai 85.00
  2. Matematika dengan nilai 90.00
  3. Ilmu Pengetahuan Alam dengan nilai 82.50
  4. Bahasa Inggris dengan nilai 70.00

Total NEM = 8.5 + 9.0 + 8.25 + 7.0 = 32.75, dengan rata-rata 8.19

Dari nilai tersebut, dapat diketahui bahwa NEM kamu termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat kamu gunakan sebagai acuan dalam memilih sekolah yang menjadi tujuanmu.

Untuk menghitung NEM SMA/SMK sebenarnya tidak jauh berbeda. Anda bisa mengambil rata-rata nilai ujian dan nantinya bisa mendapatkan NEM yang anda inginkan.

Baca Juga: Kode Gambar Tidak Valid PPDB? Berikut 4 Cara Mengatasinya!

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai Cara Menghitung NEM SMP SMA/SMK 2023 dengan Mudah!cara menghitung NEM dengan mudah melalui penjumlahan satu digit di depan koma untuk setiap mata pelajaran ujian.

Hasil perhitungan tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah. Hal ini akan memperbesar peluang kelulusan di sekolah yang kamu pilih jika kamu mempertimbangkan NEM kamu dengan baik.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar