Tholabul Rizki Artinya ? Viral Ini Makna Sebenarnya Dalam Islam

Redaksi

Perkembangan media sosial membawa angin segar dalam dunia bahasa, memunculkan berbagai kosakata baru yang seringkali membingungkan banyak orang. Salah satu contohnya adalah ungkapan “selesaikan lalu pulang, ingat tugas kita tholabul rizki bukan tholabul wajhi,” yang sedang viral di berbagai platform, khususnya TikTok. Penasaran dengan maknanya? Mari kita gali lebih dalam.

Tholabul Rizki dan Tholabul Wajhi Artinya ?

Dalam konteks spiritual dan keagamaan, “Tholabul Rizki” memiliki akar kata dari bahasa Arab. “Tholabul” berarti “pencari” atau “orang yang berusaha mencari sesuatu dengan sungguh-sungguh,” sementara “Rizki” merujuk pada rezeki atau karunia dari Allah SWT. Jadi, secara harfiah, Tholabul Rizki artinya “pencari rezeki” atau “orang yang berusaha mencari keberkahan rezeki.”

Sementara itu, “Tholabul Wajhi” mengambil inspirasi dari bahasa Arab, di mana “wajh” berarti “wajah.” Dalam konteks bahasa gaul, istilah ini mencerminkan seseorang yang lebih berfokus pada pencarian citra atau “cari muka” ketimbang mencari keberkahan rezeki. Dengan demikian, ketika dikatakan “tholabul rizki bukan tholabul wajhi,” itu dapat diartikan sebagai pengingat untuk fokus pada pencarian rezeki yang membawa keberkahan, bukan sekadar pencarian popularitas atau citra.

Dalam Islam, konsep Tholabul Rizki memiliki nilai ajaran yang mendalam. Umat Islam diajarkan untuk tidak hanya bersikap pasif dalam menjalani hidup, tetapi juga aktif dalam berusaha mencari rezeki dengan cara yang halal dan penuh berkah. Pencarian rezeki ini mencakup usaha, doa, dan keberkahan dalam setiap langkah kehidupan sehari-hari.

Meskipun keyakinan bahwa rezeki sudah ditentukan oleh Allah, Islam juga mendorong umatnya untuk bekerja keras dan berusaha. Konsep Mencari Rizki mengajarkan agar manusia tidak hanya menunggu rezeki datang begitu saja, melainkan juga berkontribusi positif dan bersyukur atas apa yang telah diberikan.

Konsep Mencari Rizki tidak hanya relevan dalam konteks agama, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat modern. Sikap berusaha dengan sungguh-sungguh, memberikan kontribusi positif, dan bersyukur terhadap apa yang dimiliki menjadi esensi dari konsep ini, terlepas dari pekerjaan atau profesi apa pun.

Akhir Kata

Menggali makna di balik viralnya istilah arti Tholabul Rizki membuka pintu wawasan baru tentang bagaimana bahasa gaul dapat memuat nilai-nilai spiritual dan kehidupan sehari-hari. Dengan pemahaman ini, kita dapat lebih bijak dalam menangkap dan menyampaikan pesan-pesan yang tersebar di media sosial, memastikan bahwa setiap kata memiliki makna yang mendalam dan konstruktif.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar